Senin, 28 Februari 2011

Class Pada Java

Pengertian Class
Pemrograman di Java tidak mungkin dipisahkan dari class. Pada awal pemrograman, class hanya dibuat untuk melakikan proses pengkapsulan metode main(). Penggunaan terpentin class adalah dalam pendefinisian type baru. Class merupakan template/prototype yang mendefinisikan type objek. Class juga merupakan sarana pengkapsulan kumpulan data dan metode-metode yang beroperasi pada kumpulan data. Data dan metode untuk mendefinisikan isi dan kemampuan objek. Class adalah cetakan objek. Objek sendiri harus merupakan instan dari suatu class. Class digunakan untuk menciptakan banyak objek. Objek-objek dari class yang sama mempunyai data sendiri tapi memiliki berbagai implementasi metode dengan objek-objek lain di satu class. Class dapat merupakan realisasi/implementasi abstraksi di domain persoalan.

Sebelum kata kunci class, kita dapat memberi modifier. Modifier mempengaruhi makna deklarasi. Modifier yang berlaku untuk class adalah antara lain modifier ketampakan (visibility modifier), juga disebut modifier pengaksesan (access modifier). Modifier ini mengatur ijin pengaksesan class oleh class-class lain. Selain itu, terdapat juga modifier untuk mengatur apakah class tersebut dapat diwariskan atau tidak, final akan membuat class tersebut tidak dapat diwariskan. Modifier lainnya lagi adalah abstract untuk menyatakan bahwa class merupakan sebuah class abstrak yang belum diimplementasikan serta mengharapkan class turunannya yang harus mengimplementasikan metode-metode di dalamnya.

Identifier menspesifikasikan nama class baru. Deklarasi class yang tidak menyertakan nama class induk, secara otomatis class tersebut mewarisi class Object. Pasangan kurung kurawal buka dan tutup menyatakan badan class (ClassBody).
ClassBody terdiri dari deklarasi:
1. Variable data
2. Metode
3. Constructor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar